Keistimewaaan Masjid Raya Baiturrohman Banda Aceh

           Gambar

 

Siapa yang tidak kenal Masjid yang fenomenal ini ? Masjid yang tetap berdiri kokoh di saat bangunan yang lain pada roboh diterjang gelombang pasang air laut (Tsunami) pada 2004 silam. Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh ini merupakan saksi bisu sejarah Aceh, terletak di pusat kota Banda Aceh dan merupakan kebanggaan masyarakat Aceh. Sepengetahuan saya ketika belajar sejarah di bangku SMP, dalam Riwayat mengenai pembangunan Masjid ini terdapat dua versi sejarah, sebagian sumber menyebutkan masjid ini didirikan pada abad ke-13 Masehi oleh Sultan Alauddin Johan Mahmudsyah. Sementara, dari sumber yang lain menyebutkan masjid ini didirikan oleh Sultan Iskandar Muda pada abad ke-17 masehi.

Masjid Raya Baiturrahman adalah simbol religius, keberanian dan nasionalisme rakyat Aceh. Masjid ini dibangun pada masa Sultan Iskandar Muda sekitar abad ke-17), dan merupakan pusat pendidikan ilmu agama di Nusantara. Pada saat itu banyak pelajar dari Nusantara, bahkan dari Arab, Turki, India, dan Parsi yang datang ke Aceh untuk menuntut ilmu agama.

Di sisi lain, Masjid ini juga merupakan markas pertahanan rakyat Aceh ketika berperang dengan Belanda pada abad ke-19. Pada saat terjadi Perang Aceh pada tahun 1800-an, masjid ini dibakar habis oleh tentara Belanda. Masjid yang satu ini merupakan salah satu Masjid yang terindah di Indonesia yang memiliki 7 kubah, 4 menara dan 1 menara induk. Ruangan dalam berlantai marmer buatan Italia, begitu luas dan terasa sangat sejuk apabila berada di dalam ruangan Masjid. Masjid ini dapat menampung hingga 9.000 jama’ah. Di halaman depan masjid terdapat sebuah kolam besar, rerumputan yang tertata rapi dengan tanaman hias dan pohon kelapa yang tumbuh.

Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh yang merupakan Masjid Negara yang berada ditengah-tengah Kota Banda Aceh atau di jantung kota Propinsi Nanggro Aceh Darussalam ini sngat dikagumi oleh banyak umat muslim di dunia, khususnya di Indonesia. Karena, Masjid Raya Baiturrahman memiliki lembaran sejarah tersendiri dan mempunyai nilai yang tinggi bagi rakyat Aceh, karena sejak Sultan Iskandar Muda sampai sekarang masih berdiri megah dan berfungsi sebagai tempat shalat, pengajian, acara keagamaan seperti maulid Nabi Besar Muhammad SAW, peringatan 1 Muharram, Musabaqah Tilawatil Qur’an, tempat berteduh bagi warga kota. Masjid ini juga situs bersejarah yang telah ada sejak era kejayaan Kesultanan Aceh. Masjid Peninggalan Sejarah ini juga salah satu obyek wisata di Aceh dan tergolong Masjid terindah di Asia yang banyak di kunjungi oleh penjuru dunia baik dari dalam atau luar negeri bahkan pengunjung lokal atau daerah Aceh itu sendiri. Masyarakat Aceh atau dari daerah yang datang ke Kutaraja ( Kota Banda Aceh) bila tidak berkunjung ke Masjid dan Shalat di Masjid Raya tersebut maka beranggapan tidak sah ke Kota Banda Aceh, jadi bagi masyarakat daerah Aceh merupakan satu kebanggaan tersendiri.

Masjid Raya Baiturrahman ini juga sempat mengalami beberapa renovasi dan perluasan. Terakhir kali tahun 1975 dalam rangka menyambut Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Nasional ke-XII pada tanggal di Banda Aceh, Masjid Raya diperindah dengan pelataran, pemasangan tulisan kaligrafi ayat-ayat Al-Qur’an dari bahan kuningan, bagian kubah serta intalasi air mancur di dalam kolam halaman depan.

           Pada tahun ujung tahun 2004 atau akhir Desember 2004 terjadi gempa dan tsunami (26 Desember 2004) yang menghancurkan kota Banda Aceh dan sebagian Aceh, masjid ini selamat tanpa kerusakan dan saat itu banyak warga kota yang berlindung di dalam masjid. Mungkin itulah beberpa keistimewaan-keistimewaan Masjid Raya Baiturrohman. Bahan, Masjid ini mendapat predikat sebagai Serambi Makkah. Saya merasa bangga menjadi warga Negara Indonesia yang memiliki Masjid Raya Baiturrohman sebagai ikon kota Banda Aceh. Meskipun pernah dilanda bencana Tsunami, warga kota ini tidak pernah surut semangatnya untuk membangun kembali kotanya. Ini dibuktikan dengan kembalinya beberapa bangunan-bangunan yang megah di Aceh dan prestasi-prestasi kota Banda Aceh di kancah Nasional. Jayalah Banda Aceh…!!!

 Gambar

 

Iklan

About afzalfarid

I'am Indonesian 's Moslem Young Generation

Posted on April 15, 2014, in Uncategorized. Bookmark the permalink. 5 Komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: